top of page
  • Writer's pictureKantinizen

Manfaat Mengkonsumsi Buah bagi Mahasiswa

Updated: May 26, 2020

Oleh : Nadhila Munifah A

Menjaga kesehatan tentu merupakan sebuah hal yang harus dilakukan oleh siapapun baik itu muda ataupun tua. Tak terkecuali mahasiswa yang sering kali lalai menjaga kesehatan tubuhnya sehingga banyak dari mereka mudah terserang penyakit. Asupan makanan sehari-hari mahasiswa terkadang kurang bergizi. Seperti makan-makanan yang kurang higienis, telat makan, makanan yang seadanya asal perut mereka dapat kenyang padahal kebiasaan inilah yang sangat mengkhawatirkan. Dalam konsumsi harian, mahasiswa sebetulnya selain butuh agar perut mereka dapat terisi, mereka juga perlu membutuhkan asupan buah-buahan. Buah-buahan sangat baik kesehatan dan juga tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya. Lalu apasih manfaat mengkonsumsi buah-buahan bagi mahasiswa? Berikut manfaatnya:


1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Seperti yang kita ketahui, buah-buahan kaya akan kandungan air dan berbagai macam kandungan gizi dan vitamin di dalamnya. Kandungan ini lah sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena dengan mengkonsumsi buah-buahan, kebutuhan gizi serta vitamin bisa terpenuhi meskipun bukan berarti mengabaikan makanan-makanan sehat lainnya. Hal tersebut tentu mempengaruhi metabolisme tubuh manusia.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Beberapa buah-buahan seperti pisang, papaya, serta jeruk sangat baik untuk menjaga dan sistem pencernaan agar lancar serta tidak terhambat. Sistem pencernaan yang kurang baik sangat mengganggu mahasiswa dan sering dialami oleh mahasiswa akibat kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Mahasiswa dapat mengkonsumsi buah jeruk yang mengandung flavonal (naringenin) yang memberi efek postif terhadap konstipasi, buah papaya yang memiliki kandungan papain ataupun pisang yang berserat tinggi untuk menjaga sistem pencernaan dan menghindar dari sulit BAB atau sakit perut.

3. Menambah energi badan

Mengkonsumsi buah-buah di pagi hari sangatlah bagus terutama bagi mahasiswa yang harus menghadiri kelas pagi dan tidak memiliki waktu untuk menyiapkan sarapan. Buah seperti pisang atau apel dikenal baik untuk mengisi perut yang kosong dipagi hari dan cukup dengan memakan satu buah apel atau pisang, orang yang mengkonsumsi akan bertenaga walaupun belum mengkonsumsi makanan berat apapun. Buah juga bisa dijadikan pengganjal atau cemilan sembari belajar atau mengerjakan tugas.


Selain manfaat buah-buahan seperti diatas, berikut terdapat beberapa tips untuk mahasiswa mengenai mengkonsumsi buah-buahan :

  • Belilah buah disaat musimnya hal itu mempermudah Anda untuk mendapatkan buah dengan kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau serta mudah dicari.

  • Selalu bersihkan buah yang telah dibeli kemudian masukkan ke dalam kulkas (apabila ada). Buah akan bertahan di dalam kulkas dengan baik selama 3-4 hari sedangkan buah yang disimpan pada suhu ruangan akan bertahan selama 1-2 hari.

  • Belilah buah secukupnya dan apabila memungkinkan beli lah buah bervariasi minimal 2 jenis buah.

  • Cara mudah lain untuk bisa tetap mengkonsumsi buah-buahan secara rutin ialah dengan membeli jus buah tanpa gula dan susu agar kandungan buah tetap terjaga.


Manfaat dan tips dalam mengkonsumsi buah bagi mahasiswa diatas mungkin bisa menjadi referensi bagi pembaca. Namun demikian, konsumsilah buah secukupnya dan sebisa mungkin bervariasi sehingga tubuh bisa mendapatkan kandungan gizi dan vitamin bermacam-macam pula. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan sehat lainnya dan berolahraga agar tubuh selalu sehat meskipun kesibukan perkuliahan sangat padat.

19 views0 comments

Comments


bottom of page