top of page
  • Writer's pictureKantinizen

Dalam Sepiring, Berapakah Kalori Nasi Goreng?

Updated: May 15, 2020

Oleh : Rifa Tasya Salsabilla

Photo By Popbela.com


Nasi adalah salah satu makanan yang memiliki segala macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Beberapa kandungan penting di dalamnya seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, vitamin E (alpha-tocopherol), serta asam lemak. Namun, bagaimana jika anda mengonsumsi nasi goreng, khususnya kandungan kalori di dalamnya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kalori nasi goreng dalam satu piring sekitar 228 hingga 400 kalori. Hal ini membuat kalori dalam nasi goreng dianggap sebagai makanan yang tinggi kalori. Tak hanya tinggi akan kalori, nasi goreng juga makanan yang kaya akan lemak jenuh. Berikut ini adalah besaran nutrisi yang ada dalam sepiring nasi goreng, di antaranya:


  • Lemak

Lemak dalam sepiring nasi goreng ternyata cukup tinggi yakni sekitar 12 hingga 14 gram. Karena alasan inilah ada baiknya Anda menjaga asupan nasi goreng agar tidak berlebihan.


  • Karbohidrat

Dalam sepiring nasi goreng, Anda bisa menemukan sekitar 40 hingga 50 gram karbohidrat. Hal ini disebabkan oleh bahan utama dari nasi goreng yang berupa nasi putih. Tak hanya itu, nasi goreng juga tinggi glukosa yang jika dikonsumsi dengan berlebihan tentu bisa memicu gangguan obesitas dan penyakit berbahaya lainnya.


  • Protein

Tanpa adanya tambahan seperti potongan daging atau telur, ada yang terasa kurang dari nasi goreng yang Anda konsumsi. Padahal, tambahan potongan daging bisa menambah 12 gram protein. Sementara itu, tambahan telur bisa menambah 10 gram protein dan udang bisa menambah 11 gram protein.


  • Mineral

Meskipun mengandung vitamin dan mineral yang penting, nasi goreng juga kaya akan natrium akibat dari ditambahkannya bumbu seperti garam, MSG, kecap, dan saus. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan mineral layaknya kalsium, besi, fosfor, magnesium, potasium, tembaga, serta mangan.


  • Serat

Meskipun sedikit, Anda masih bisa menemukan potongan sayuran dalam sepiring nasi goreng, sehingga Anda akan mendapatkan setidaknya 1,5 gram serat. Sayangnya, banyak orang yang sama sekali tidak menambahkan potongan sayuran sehingga tidak mendapatkan asupan serat sama sekali dari nasi goreng.

15 views0 comments

Comments


bottom of page