top of page
  • Writer's pictureKantinizen

Kalori Chicken Katsu Besar, Sehatkah?

Updated: May 13, 2020

Oleh : M Ridho Prasetyo


Chicken katsu adalah makanan favorit bagi kalangan muda. Makanan ini begitu tenar saat ini. Chicken katsu mulai ramai di Indonesia setelah dikenalkan rumah makan terkenal di Indonesia yaitu hoka hoka bento. Makanan yang menyajikan makanan jepang ini mengeluarkan menu Chicken Katsu Hoka Hoka Bento. Kala itu, Makanan Jepang belum terlalu terkenal seperti saat ini. Mengenalkan Chicken Katsu merupakan trobosan di bidang kuliner yang di buat oleh hoka hoka bento kala itu. Akan tetapi, Apakah Chicken katsu itu sehat untuk dimakan?

Bahan – bahan yang terkandung dalam chicken katsu


Dalam chicken katsu didalamnya terdapat dada ayam yang telah difillet sebagai bahan utama dari chicken katsu tersebut. Ukuran untuk satu porsi chicken katsu bervariatif. Selain itu terdapat tepung terigu, telur kocok, dan tepung roti yang digunakan sebagai pelapis dari Chicken Katsu. Selain bahan dasar tersebut, biasanya Chicken katsu ditemani oleh karbohidrat. Karbohidrat itu dapat berupa French Fries, Mashed Potato, Nasi putih, maupun Nasi Goreng. Pilihan Karbohidrat tersebut merupakan opsi opsi sebagai pelengkap dari menu Chicken Katsu tersebut. Untuk Garnish yang digunakan untuk mempercantik, biasa ditambahkan pula tomat dan selada. Dan tambahan opsional lainnya adalah saus tomat dengan mayonais.

Kalori yang terkandung dalam satu sajian Chicken Katsu


Satu sajian Chicken katsu biasanya terdiri dari satu pasang fillet dada ayam. Untuk berat dari masing masing sajian berbeda beda. Untuk sajian satu porsi dengan potongan daging seberat 112 gram memiliki kalori sebesar 290 kalori. Dari 290 kalori tersebut, didominasi oleh lemak sebesar 16 gram atau sebesar 52%. Disusul oleh Protein sebesar 30 gram atau sebesar 43%. Dan disusul oleh Karbohidrat sebesar 3 gram atau sebesar 4%. Selengkapnya disini


Jika ditambah dengan karbohidrat berupa French fries yang disajikan dengan per sajiannya seberat 71 gram, kalorinya akan bertambah sebanyak 222 kalori. Apabila ditambah dengan karbohidrat berupa mashed potato dengan berat 100 gram per sajiannya, kalori akan bertambah sebanyak 88 kalori. Apabila ditambah dengan nasi putih sebagai karbohidratnya dengan berat sebesar 100 gram persajiannya, akan bertambah kalorinya sebesar 130 kalori.

Oleh karena itu, untuk mengatasi lebihnya lemak jenuh yang kita konsumsi perlu adanya keseimbangan kombinasi dalam penyajian Chicken Katsu. Mungkin opsi Mashed Potato sebagai pendamping karbohidratnya merupakan salah satu opsi terbaik. Hal tersebut dikarenakan untuk mengurangi banyaknya proses penggorengan dalam penyajian satu porsi chicken katsu sehingga lemak jenuh dapat dikurangi. Selain itu, perlu juga didampingi dengan garnish berupa selada dan tomat atau parutan wortel dengan timun. Hal ini juga dapat menjadi penyeimbang dalam penyajian chicken katsu. Sehingga lemak jenuh dapat dikurangi dengan makanan makanan berserat yang disajikan.

Ternyata kalori dari satu porsi chicken katsu sangat besar untuk satu sajian ya. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tubuh kita, yuk dikurangi makan chicken katsu yang tidak sehat. Seimbangkan komposisi sajiannya sehingga dapat mengonsumsi dalam bentuk yang lebih sehat dan berserat.


Kalian juga bisa menetralisasi makanan dengan kalori dan lemak jenuh yang banyak ini dengan mendampinginya dengan minuman sehat. Kalian bisa mencoba minuman minuman sehat ini yang bisa kalian padukan dengan satu sajian Chicken Katsu.

3,901 views0 comments

Comments


bottom of page