top of page
  • Writer's pictureKantinizen

RESEP AYAM GEPREK LUMER MOZARELLA

Updated: Apr 9, 2020

Oleh : M Ridho Prasetyo



Siapa yang tidak tahu Ayam Geprek? Ya, Ayam Geprek merupakan menu yang sempat terkenal dan booming beberapa tahun lalu. Sejak booming kala itu, banyak sekali kedai dan rumah makan ayam geprek yang bermunculan. Mulai dari Ayam Geprek Bensu, Ayam Geprek Juara, Ayam Geprek Keprabon, Ayam Geprek Pangeran, dan Lainnya. Mereka bersaing dengan harga, rasa, dan inovasi mereka sendiri. Akan tetapi, berbeda dengan es kepal milo yang keberadaannya sekarang hilang. Ayam geprek masih dicintai pecinta kuliner di Indonesia.

Salah satu menu yang banyak ditawarkan oleh beberapa rumah makan ayam geprek adalah ayam geprek mozarella. Ayam geprek mozarella merupakan ayam geprek yang diberi lumeran keju mozarella di atasnya. Ayam geprek mozarella ini membawa kesan exclusive. Hal ini didasari oleh exclusive-nya keju mozarella. Mendengar dan membayangkannya saja telah meningkatkan rasa lapar kita. Nah, daripada harus beli jauh jauh pada masa pandemi Coronavirus ini, kantinizen memberikan resep sederhana membuat ayam geprek lumer mozarella berikut ini


Bahan – Bahan yang perlu disiapkan :

- 1/2 kg dada ayam, potong jadi 8 bagian

- 1 buah jeruk nipis

- 5 siung bawang putih

- 1 sdt merica halus

- 1 sdt garam

- 2 sdt paprika bubuk

Bahan Pelapis

- 200 gr tepung crispy

- 200 gr terigu cakra

- 1/2 sdt baking soda

- 1 butir telur

- 250 ml air es

- minyak goreng secukupnya

- 1 siung bawang putih

- 1 cm kencur

- garam, gula pasir juga kaldu bubuk secukupnya

- keju mozzarella secukupnya

Tahapan – tahapan pembuatan ayam geprek lumer:


Pertama – tama, Cuci bersih ayam yang telah disiapkan sebelumnya. Usahakan cuci dengan air mengalir dan dibilas berkali kali. Setelah itu, bumbui dengan bawang, garam, merica, dan paprika bubuk. Diamkan sekitar 3 jam di lemari es













Selanjutnya, masukkan ayam ke dalam campuran pelapis yang terdiri dari tepung crispy, cakra, baking soda. Lalu masukan kocokan telur dan air es.





Panaskan minyak dengan api yang kecil. Amati terus nyala api. Jangan memasak dalam api yang terlalu besar, karena hal tersebut akan membuat lebih cepat gosong. Jangan lupa untuk membolak balikkan ayam geprek tersebut sehingga matangnya merata di kedua sisi. Jika permukaan sudah berwarna coklat keemasan, angkat ayam geprek, dan tiriskan hingga minyak berkurang. Gunakan tissue dapur untuk meniriskan lebih banyak minyaknya.


Siapkan cobek untuk menggeprek ayam. Geprek ayam tersebut hingga merata.


Siapkan keju mozarella satu batang. Panaskan mozarella pada waktu yang singkat di salah satu sisinya. Tarik sisi yang telah dipanaskan menggunakan pisau sehingga menciptakan efek lumer pada atasnya.

Untuk menambah rasa dan penampilan, tambahkan garnish sesuai dengan selera. Tomat, Timun, beserta dengan Kol dapat menjadi pelengkap yang baik untuk melengkapi ayam geprek.


Dengan resep ini, kalian telah berhasil membuat ayam geprek sederhana. Work From Home kalian akan jadi jauh lebih produktif. Latihlah terus menerus sehingga hasil masakannya sempurna. Perlu latihan berkali kali untuk mendapatkan kepanasan dan lama memasak yang tepat untuk membuat ayam geprek ini secara sempurna. Dengan jam terbang yang banyak, nantinya ayam geprek mozarella ini dapat dijual. Sehingga dapat pemasukan tambahan untuk teman – teman.

26 views0 comments

Comments


bottom of page